BAB I
PENDAHULUAN
A. Tujuan
1. Menentukan konstanta pegas lewat percobaaan
2. Menentukan konstanta pegas gabungan
B. Landasan Teori
Elastisitas
merupakan sifat benda pada umumnya. Benda dikatakan mengalami suatu perubahan
bentuk apabila padanya bekerja pegas. Elastisitas dibagi menjadi 2 :
1. Elastis sempurna
Suatu benda
dikatakan elastis jika benda tersebut kembali pada bentuk semula, apabila gaya
yang bekerja pada benda tersebut dihentikan.
2. Plastis
Suatu benda
dikatakan plastis, apabila bentuk benda berubah dari bentuk semula tetapi tidak
sempurna, hanya sebagian saja.
●) Tegangan
(stress) adalah sebagai hasil bagi antara gaya (F) yang
bekerja
pada benda dengan luas penampangnya (A).
●) Regangan
(strain) adalah sebagai perbandingan antara pertambahan
panjang benda (ΔL) terhadap panjangnya mula-mula (L0)
●) Modulus
kelentingan adalah perbandngan antara tegangan (stress)
dengan
regangan (strain)
Hukum Hooke
Bunyi Hukum
Hooke :
"Perbandingan antara tegangan
(σ )dengan regangan (℮)adalah konstan”
Gaya tarik atau gaya tekan pegas ( F ) adalah :
-sebanding dengan tetapan pegas (k)
-sebanding dengan perubahan panjang (ΔL)
F
= k . ΔL
|
BAB
II
PEMBAHASAN
A.Data Hasil Percobaan
a. Percobaan Dengan Gelang Karet Tunggal
No
|
Beban
(F)
|
ΔL
|
k
|
1.
|
0,5
|
0,3
|
1,7
|
2.
|
1
|
0,8
|
1,2
|
3.
|
1,2
|
1,1
|
1,1
|
4.
|
1,5
|
1,9
|
0,8
|
5.
|
2
|
3,2
|
0,6
|
b. Percobaan Dengan Gelang Karet Gabungan Seri
No
|
Beban
(F)
|
ΔL
|
k
|
1.
|
0,5
|
1,5
|
0,33
|
2.
|
1
|
4,8
|
0,21
|
3.
|
1,2
|
5,7
|
0,21
|
4.
|
1,5
|
8,5
|
0,18
|
5.
|
2
|
13,8
|
0,14
|
c. Percobaan Dengan Gelang Karet Gabungan Paralel
No
|
Beban
(F)
|
ΔL
|
k
|
1.
|
0,5
|
0,3
|
1,7
|
2.
|
1
|
0,8
|
1,2
|
3.
|
1,2
|
1,1
|
1,1
|
4.
|
1,5
|
1,5
|
1
|
5.
|
2
|
2,5
|
0,8
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Dari hasil percobaan gaya pegas dengan cara yang berbeda - beda menggunakan gelang karet menunjukkan bahwa sebuah pegas jika ditarik dengan gaya , maka pegas akan bertambah panjang ( ΔL ). Walaupun berat bebannya ( F ) sama, menghasilkan pertambahan panjang ( ΔL ) berbeda.
No comments:
Post a Comment